1
Bagi Negara yang memiliki empat musim, bulan Februari adalah bulan terkahir dari musim dingin. Walupun salju sudah tidak turun lagi, tapi hawa dingin akan masih tetap terasa walupun sudah mendekati musim semi.

a. pohon sakura di taman
Ya, mulai bulan Maret, Negara-negara tersebut akan memasuki musim semi, dimana tumbuhan akan kembali bermekaran, dan hewan-hewan pun bangun dari tidur panjang mereka. Tak terkecuali Jepang. Seperti yang kita ketahui, Jepang memiliki julukan sebagai Negeri Sakura, karena disanalah pohon ini berasal.

b. bunga sakura
Salah satu tradisi masyarakat Jepang yang terkenal dalam menyambut musim semi adalah Hanami (花見, yang berarti “melihat bunga.”) yaitu tradisi menuikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Menurut masyarakat Jepang, mekarnya bunga sakura melambangkan kebahagiaan datangnya musim semi. Selain melihat bunga, Hanami juga berarti piknik dengan keluarga, teman, atau kerabat lainnya, menggelar tikar di taman dan makan-makan dibawah pohon sakura yang bermekaran.

c. suasana Hanami
Pada saat Hanami, akan banyak sekali orang-orang Jepang yang pergi ke taman bersama keluarga. pada saat itu, taman-taman di seluruh Jepang akan sangat ramai, sehingga jika sedikit saja terlamabat datang, maka anda tidak akan mendapat tempat untuk menggelar tikar disana. saking ramainya, masayarakat Jepang akan datang lebih dulu dan menjaga tempat tersebut hingga teman-temannya datang.

Selain dilakukan di siang hari, Hanami juga dapat dilakukan di malam hari. Hanami yang dilakukan di malam hari disebut dengan Yozakura (夜桜, yang berarti "sakura malam").

d. suasana Yozakura
Hanami ini dilakukan dari akhir bulan Maret, hingga awal bulan April. Jadi buat teman-teman yang ingin menikmati suasana indahnya Hanami, sekarang belum terlambat, masih keburu yang mau beli tiket ke Jepang. Tapi ajak-ajak ya.... 


Post a Comment

 
Top